Sayang Pada Ginjal

setiaporang pasti sangat mendambahkan ginjal yang sehat. apalagi bagi orang yang sudah berumur. untuk mendapatkan ginjal yang sehat maka anda pun harus mempunyai niat yang kuat untuk merawat dan menyayangi ginjal anda.

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk kacang merah yang berada di punggung bagian bawah. Fungsi utama dari ginjal ialah membuang kelebihan air dan produk-produk sisa dari dalam darah. Ginjal juga mengatur metabolisme mineral-mineral di dalam tubuh, seperti Kalsium dan lain-lain.

Selain fungsi-fungsi penting di atas, ginjal juga berperan memproduksi hormon-hormon, di antaranya Renin, hormon pengatur kalsium dan lain lain. Nah, mengingat begitu pentingnya fungsi ginjal, maka kita harus mengetahui bagaimana cara merawat ginjal dan menghindari hal-hal yang membahayakan untuk ginjal.
Penyebab utama terjadinya penyakit ginjal kronis ialah penyakit darah tinggi dan kencing manis (diabetes mellitus). Dikatakan dua penyakit berbahaya inilah yang merupakan penyebab utama terjadinya gagal ginjal kronis di dunia. Namun, selain diabetes dan hipertensi, ada berbagai penyebab lain dari gagal ginjal kronis, yaitu:
1. Penyakit ginjal polikistik
2. Sumbatan pada saluran kencing, misalnya oleh karena batu ginjal
3. Dan yang tidak kalah pentingnya, analgesik alias obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen ternyata juga berperan besar sebagai penyebab dari gagal ginjal.

Bagaimana sih gejala-gejala Gagal Ginjal?
Nah, yang perlu diingat ginjal ini adalah organ tubuh yang daya kompensasinya paling besar. Artinya ginjal apabila mengalami gangguan fungsi, maka masih bisa mengkompensasikan bagiannya yang sakit dengan bagian lain yang masih "sehat". Sehingga gejala gagal ginjal kronis baru terasa apabila fungsi ginjal tersebut sudah sangat minimal.
Gejalanya antara lain ialah:
* Letih, Lemah dan Lesu (karena anemianya)
* Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah
* Sering buang air kecil terutama malam hari
* Pembengkakan kaki dan sembab pada mata karena retensi dari air
* Kulit kering bersisik, mudah memar dan pucat serta gatal
* Kepala pusing dan adanya rasa kaku pada tangan atau kaki karena gangguan syaraf tepi
* Apabila sudah lanjut bahkan bisa mengalami gangguan mental karena keracunan dari ureum.
* Tekanan darah tinggi, nyeri dada, sesak napas
* Mudah berdarah
* Nyeri tulang
* Libido berkurang dan disfungsi ereksi
Apabila gejala-gejala di atas sudah timbul, sebaiknya penderita segera mencari pertolongan ke dokter. Dokter akan melakukan beberapa tes darah, USG ginjal dan tes urine untuk mendiagnosa.

Bagaimana penatalaksanaan dari Gagal Ginjal kronis?
Untuk penatalaksanaan, yang penting ialah melakukan beberapa aturan diet sebagai berikut :
- Pembatasan minum air
- Pembatasan protein
- Pembatasan kalsium
untuk lebih detailnya dibahas di next topic yaaa..Sekarang yang penting pencegahannya aja dulu..

Pencegahan Gagal Ginjal Kronis
1. Melakukan screening secara teratur yang dilakukan oleh dokter, terutama bagi yang mempunyai faktor resiko gagal ginjal kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi.
2. Mencegah minum minuman beralkohol
3. Tidak minum obat sembarangan
Demikian sedikit cerita tentang gagal ginjal kronis dan bagaimana pencegahannya. Semoga bermanfaat. ***(dr. Rossa)