Obat Tradisioanl Mengobati Jantung

Setiap orang dengan sedikit atau banyak pengetahuan bisa mengembangkan cara-cara yang sederhana tentang pengobatan. seprti halnya China, Indonesia juga mempunyai banyak cara tradisioanl dalam hal pengobatan. salah satunya adalah pengobatan jantung dan perawatannnya.


    1. Ramuan I (untuk Mengatasi Denyut Jantung Tidak Teratur)
 Bahan-bahan
Lima belas gram jahe, lima puluh gram kulit pisang dan puluh gram gula batu. 

Cara membuat
Semua bahan dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan air bersih sebanyak 600 ml hingga tersisa 300 ml. Air rebusannya.               

Cara memakai 
Airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur dua kali sehari, tetapi harus tetap konsultasi dengan dokter.     

    1. Ramuan II (untuk Mengobati Pembengkakan Jantung)
 Bahan-bahan
Setengah genggam daun kemangi, setengah sendok teh biji kemangi, dua buah akar kemangi, dan satu ibu jari kencur. 

Cara membuat
Kencur dicuci bersih lalu dimemarkan. Bersama bahan-bahan lainnya direbus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, air rebusanya disaring.   

Cara memakai
Diminum dua kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

    1. Ramuan III (untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi)
 Bahan-bahan
Dua batang meniran termasuk akar dan daunnya, seperempat genggam pegagan atau daun tapak kuda, sebelas lembar daun kumis kucing, dan dua jengkal tangan akar alang-alang.  

Cara membuat
Semua bahan dicuci  bersih, lalu direbus dalam lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Sebelum diminum, ramuan ini harus disaring.  

Cara memakai
Ramuan ini diminum tiga kali sehari dengan dosis sekali minum setengah gelas. Ramuan ini juga berguna untuk menyembuhkan keram atau kesemutan. Bahkan berkhasiat juga untuk mengobati  penyakit asam urat.  

    1. Ramuan IV (untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah)

Bahan-bahan
Lima belas gram jahe dan gula merah secukupnya.

Cara membuat
Jahe dicuci hingga bersih, lalu direbus dalam air bersih sebanyak 400 ml hingga airnya tersisa 200 ml. Sebelum diminum, air rebusannya disaring.

Cara memakai
Diminum dua kali sehari secara teratur.

    1. Ramuan V (untuk Mengobati Kolesterol dan Penyumbatan Pembuluh Darah)
 Bahan-bahan
Dua jari tangan temu giring, tiga lembar daun jati belanda, dan tiga belas lembar daun kemuning muda.

Cara membuat
Temu giring dikupas, lalu dicuci dan diiris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus bersama dengan bahan lain dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Hasil ramuan itu disaring.

Cara memakai
Diminum tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas setiap minum. Selain untuk menurunkan kolesterol, ramuan ini dapat digunakan untuk melarutkan lemak tubuh sehingga berat badan penderita lambat laun akan turun. Jika kolesterol yang dilarutkan terlalu banyak, tambahkan bawang putih ke dalamnya, kecuali jika penderita mempunyai penyakit maag. Fungsi bawang putih untuk merangsang pembentukan asam lambung.

    1. Ramuan VI (Penyakit Jantung yang Tidak Terlalu Parah dan Untuk Pencegahan)
 Bahan-bahan
Satu sendok makan ramuan mahkota dewa instant murni, satu kapsul daun dewa dengan umbinya ukuran 500 ml, dan daun dewa segar.

Cara membuat
Seduh satu sendok ramuan mahkota dewa instan murni dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum satu kali sehari. Jika tersedia kapsul daun dewa dengan umbinya dapat diminum satu kapsul sehari. Dan jika senang lalap, dapat mengonsumsi daun dewa segar sebagai lalapan sehari-hari.