Penyakit Reprodukasi Wanita

pada umumnya wanita mengalami banyak gangguan terhadapa alat kelaminnya. tidak hanya disebabkan karena faktor luar berupa bakteri ternyata faktor dalam juga bisa menyebabkan gangguan pada alat reproduksinya. dibwah ini beberapa jenis gangguan pada alat reproduksi wanita:
  1. Haid terlambat, wanita mempunyai waktu rutin untuk haid, jika ternyata seharusnya waktunya haid wanita tidak haid maka ada beberapa penyabab, seperti karena sedang hamil, kedua, karena stress berat. kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap rutinitas haid, namun anda tidak perlu khawatir.
  2. Haid berat, haid berat berarti darah yang keluar lebih banyak dari biasanya (haid terlambat). biasanya haid ini disebabkan oleh dinding rahim yang lebih tebal dari biasanya, atau tidak seperti biasanya.
  3. Cairan vagina tidak wajar, biasanya vagina akan tetap lembab dan bersih, hal ini sisebabkan karena adanya cairan putih yang dihasilkan oleh vagina. baunya khas, namun jika cairan justru menyebabkan gatal pada daerah vagina berarti itu sebabkan oleh bakteri. namun anda tidak perlu khawatir karena sekarang banyak tersedia obat untuk mengatasi hal itu, seperti Sabun dari daun sirih yang berkhasiat membersihkan vagina dari bakteri.
  4. menopause, merupakan fase dimana wanita mulai kehilangan masa kesuburannya. berarti kemungkina besar pada fase ini wanita akan sulit untuk menghasilkan keturunan.