Obat Telinga

Jika anda mempunyai masalah dengan telinga anda maka segeralah mencari obatnya. atau anda berkonsultasi dengan dokter ahli telinga sehingga anda lebih tahu jenis gangguan pada telinga anda. sehingga anda bisa memilih jenis obat yang tepat. Dibawah ini ada beberapa tips dan cara mengobati telinga. 
Obat telinga dapat terbagi menjadi :
  1. Obat telinga sebagai antiseptik dan anti infeksi.
    Biasanya merupakan antibiotik seperti chlorampenikol, gentamisin, atau ofloxacin dengan tambahan penghilang sakit lokal (lidokain/benzokain).
  2. Antiseptik telinga dengan kortikosteroid
    Pada kelompok obat telinga ini selain mengandung antibiotik dan penghilang sakit lokal juga ditambah kortikosteroid yang berfungsi untuk menghilangkan gejala alergi pada telinga.
  3. Obat telinga lainnya
    Obat telinga ini diindikasikan untuk saluran telinga yang tersumbat oleh kotoran yang mengeras.
Obat telinga ini dibuat dalam bentuk sediaan khusus untuk telinga dengan pembawa yang mudah menyebar ke dalam liang telinga. Bentuk kemasannya pun didesain khusus untuk mempermudah pemberian obat telinga.
Semua obat telinga tidak boleh digunakan untuk jangka panjang karena bisa menimbulkan ototoksik, superinfeksi.

Bila permasalahan telinga disebabkan oleh jamur/virus tidak boleh menggunakan obat telinga yang mengandung antibiotik karena bisa menimbulkan superinfeksi. Selain itu antibu\iotik digunakan untuk infeksi oleh bakteri.